Login 
Email
Password
LOGIN
Register 
Username
Email
Password
By clicking "Register", you confirm that you accept
the terms of use
 
Great Wall of China Potala Palace Forbidden City Victoria Harbour Terracotta Army Li River Cruise Gunung Huang Leshan Giant Buddha Gua Mogao Pudong Skyline
1726
0
LIKE
Posted : 10/07/2014
Author : Prince B
10 Tujuan Wisata Favorit di China
Sebagai salah satu pusat peradaban tertua di Dunia, China memiliki banyak situs-situs bersejarah, seperti kota Terlarang (Forbidden City) yang terkenal, tembok besar China (The Great Wall of China) dan juga Patung Tentara Terracotta. Dalam beberapa tahun belakangan ini terjadi proses moderenisasi besar-besaran di China, namun partai yang berkuasa, yaitu partai komunis tetap memegang kendali atas perekonomian negara ini, sehingga kita dapat melihat China menjadi salah satu negara dengan perekonomian terkuat saat ini. Berikut adalah 10 tujuan wisata favorit di China.

1. Great Wall of China
Tembok besar China ini dibangun secara terus-menerus antara abad ke-5 sebelum masehi sampai dengan abad ke-16 untuk melindungi perbatasan utara kekaisaran Cina dari serangan suku-suku nomaden dari utara. Sebagaian besar tembok ini dibangun pada masa Dinasti Ming yaitu pada tahun 1368-1644, kondisinya sendiri ada yang masih sangat baik, ada juga yang sudah hancur. Daerah paling populer dari Tembok Besar China ini adalah daerah Badaling.

2. Potala Palace
Istana Potala terletak di 130 menter diatas lembah Lhasa dan memiliki total ketinggian 170 meter, merupakan bangunan bersejarah terbesar  diseluruh tibet. Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1645 pada masa pemerintahan ke-5 Dalai Lama, pada tahun 1648, salah tau bagian dari istana ini, "Potrang Karpo" atau yang lebih dikenal dengan nama Istana Putih selesai, sedangkan "Potrang Marpo" atau "Istana Merah" dibangun dari tahun 1690-1694. Istana Potala ini menjadi tempat kediaman Dalai Lama sampai dengan Dalai Lama ke-14 melarikan ke India setelah invasi China pada tahun 1959.

3. Forbidden City
Kota terlarang ini terletak di pusat kota Beijing, merupakan istana terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 72 hektar. Dibangun pada tahun 1406-1420, komplek kota atau istana ini terdiri dari 980 bangunan yang masih berdiri sampai sekarang dengan total jumlah ruangan sekitar 8,707. Kota ini dikelilingi oleh parit sedalam kurang lebih 6 meter dan tembok setinggi 10 meter. Sebanyak 24 kaisar telah memerintah China selama kurang lebih 5 abad dari kota terlarang ini, sampai dengan kaisar terakhir China, Kaisar Puyi. Sekarang ini Kota terlarang telah dijadikan sebagai museum dan merupakan salah satu tujuan wisata favorit di China.

4. Victoria Harbour
Pelabuhan Victoria adalah salah satu  daya tarik wisata utama di hongkong dan merupakan salah satu pelabuhan kontainer terdalam di dunia. Pelabuhan ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari gedung-gedung pencakar langit di Hongkong dan di sisi yang lain kita dapat melihat garis pantai Tsim Sha Tsui yang sangat indah. Pelabuhan ini adalah salah satu yang tersibuk di dunia dengan ratusan feri, jung dan speed boat yang lalu lalang setiap harinya. Salah satu cara terbaik untuk menikmati indahnya pelabuhan ini adalah dengan menumpang Star Ferry berkeliling pelabuhan.

5. Terracotta Army
"The Terracotta Army" adalah koleksi patung terracotta yang menggambarkan tentara milik Qin Shi Huang (221 SM - 206 SM), kaisar pertama China. Merupakan tujuan wisata paling populer di daerah Xian dan termasuk jajaran tujuan wisata favorit di China. Diperkirakan ada sejumlah 8,000 tentara, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri yang terkubur dalam beberapa lubang-lubang besar di daerah ini.

6. Li River Cruise
Perjalanan melalui sungai dari Guillin ke Yangshuo adalah salah satu rute favorit di timur laut provinsi Guangxi. Pemandangan sekeliling yang luar biasa indah, dangan bukit-bukit yang menakjubkan, tebing-tebing yang curam, gua-gua yang unik dan suasana pedesaan yang asri lengkap dengan lahan pertaniannya membuat rute perjalanan sungai ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di China.

7. Gunung Huang
Gunung Huang adalah deretan pegunungan di daerah China Timur yang juag dikenal dengan sebutan Huangsan (Yellow Mauntain). Daerah ini terkenal dengan pemandangannya yang indah, pohon-pohon pinus yang berjajar rapi, puncak granit yang menakjubkan dan juga pengunjung dapat  melihat awan-awan putih dari puncak gunung. Pada zaman kuno, hampir 60,000 tangga batu diukir disepanjang sisi pegunungan, saat ini telah dibuat fasilitas cable cars yang memungkinkan wisatawan untuk naik dari dasar gunung langsung ke salah satu puncaknya.

8. Leshan Giant Buddha
Patung Raksasa Buddha Leshan adalah patung Buddha raksasa yang diukir di sebuah tebing di daerah Sichuan, sebelah barat China. Pengerjaan patung ini dimulai pada tahun 713, pada masa Dinasti Tang, membutuhkan ribuan pematung dan pekerja. Patung ini sendiri memiliki tinggi sekitar 71 meter.

9. Gua Mogao
Gua Mogao terletak sekitar 25 km di bagian tenggara Dunhuang, Gua ini berisi beberapa contoh terbaik dari karya seni Buddha. Ada sekitar 492 kuil disekitaran Gua ini, pembangunan kuil-kuil buddha ini dimulai sejak tahun 366 masehi, digunakan sebagai tempat untuk menyimpan kitab suci dan karya seni lainnya. Gua Mogao adalah salah satu dari tiga kuil batu kuno yang paling terkenal di China.

10. Pudong Skyline
Pudong adalah sebuah distrik di Shanghai, tepatnya di sisi timur Sungai Huangpu yang telah dikenal sebagai pusat perdagangan dan komersial China. Banyak gedung-gedung pencakar langit yang dapat kita liat disini, beberapa diantaranya yang sangat terkenal adalah Oriental Pearl Tower, Shanghai World Financial Center, Jin Mao Building dan Menara Shanghai yang direncakan selesai di tahun 2014.
COMMENT
Comment